ACARA PEMBEKALAN PUNCAK BULAN KREATIFITAS LINI LAPANGAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB)/PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB) PROVINSI SUMATERA BARAT

Pemerintahan

ACARA PEMBEKALAN PUNCAK BULAN KREATIFITAS LINI LAPANGAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB)/PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB) PROVINSI SUMATERA BARAT

Bulan Kreatifitas lini lapangan merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, maksud diadakannya kegiatan ini untuk memberi peran maksimal kepada seluruh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) / Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan aliansinya dalam memberikan penyuluhan dan keyakinan serta meningkatkan partisipasi keluarga dan masyarakat dalam program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Bulan Kreatifitas Lini Lapangan tahun 2017 bertemakan “ KONSOLIDASI PROGRAM KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN  KELUARGA (KKBPK) LINI LAPANGAN”. Kegiatan Puncak Bulan Kreatifitas Lini Lapangan  dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 8 April 2017 bertempat di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman.

Konsolidasi program KKBPK dalam rangka puncak bulan kreatifitas lini lapangan di hadiri oleh Gubernur Sumatera Barat dalam hal ini diwakili oleh Kepala Disdukcapil KB, Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN, Kepala Perwakilan BKKBN, Deputi Bina Lini Lapangan BKKBN . Peserta Konsolidasi ini adalah PKB/PLKB se Sumatera Barat yang berjumlah 900 orang.

Bulan Kreatifitas lini lapangan berlangsung dari bulan februari sampai maret 2017. Selama bulan ini PKB/PLKB diharapkan mampu meningkatkan partisipasi Pasangan Usia Subur (PUS) dalam menggunakan alat kontrasepsi terutama kontrasepsi jangka panjang (IUD,IMP,MOP,MOW),serta menumbuhkan kelompok kegiatan baru seperti Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), serta Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R). Selama bulan ini PKB/PLKB yang mendapatkan pencapaian tertinggi di berikan penghargaan.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat kembali mengingatkan  tentang Revitalisasi Program Keluarga Berencana yang mencapai puncaknya pada tahun 2009 pada saat terwujudnya UU no 52 tahun 2009 yang mengamanahkan bahwa program Keluarga Berencana tidak hanya menyangkut pemberian pelayanan kontrasepsi, akan tetapi memperkuat komitmen Negara dan masyarakat dalam pengendalian kependudukan dan pembangunan keluarga, sehingga pada tahun 2013 telah di canangkan bahwa “tagline” BKKBN meliputi 3 (tiga) issu yakni Kependudukan , Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Peranan lini lapangan, petugas lapangan dan institusi masyarakat pedesaan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga memegang peranan yang penting dan sentral dalam mencapai hasil dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk meningkatkan motivasi serta kreativitas petugas lini lapangan maka lahirlah konsep “bulan kreatifitas lini lapangan”.melalui bulan ini PKB/PLKB dapat mengembangkan potensi dan dapat menjadi kekuatan nyata program Kependudukan,Keluarga Berencana dan Pembanguna Keluarga. Pengembangan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) / Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) tidak hanya di tempuh melalui pelatihan, lomba-lomba dan penghargaan, tetapi juga memberi kesempatan yang merata kepada mereka untuk menunjukkan kemampuan maksimal dalam melakukan aksi lini lapangan baik secara individual maupun bersama – sama.

Tujuan di adakannya bulan kreativitas lini lapangan adalah :

a.       Memberi penyegaran peran dan tugas PKB/PLKB sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis.

b.      Meningkatkan hasil pelayanan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera melalui proses penyuluhan, pendampingan dan pengembangan model lapangan yang sesuai dengan kebutuhan.

c.       Meningkatkan frekuensi pembinaan PKB/PLKB kepada kelompok – kelompok minat masyarakat dalam bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Dengan diadakannya bulan kreatifitas lini lapangan diharapkan PKB/PLKB dapat meningkatkan motivasi serta mampu berinovasi sehingga dapat memberikan pembaharuan dalam menjalankan program kependudukan, keluarga berencana dan pembanguna keluarga sehingga bisa membantu mewujudkan keluarga Indonesia Sejahtera. Selain itu juga mempererat tali silaturahim dan meningkatkan kebersamaan antar petugas lini lapangan.

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik

  • Pengunjung hari ini: 366
  • Total pengunjung: 291217
  • Hits hari ini: 3851
  • Total Hits: 1608150
  • Pengunjung Online: 4
  • IP : 54.225.36.143