Forum Badan Permusyawaratan ( BAMUS) Kabupaten Limapuluh Kota Hearing dengan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota

Pemerintahan

Forum Badan Permusyawaratan ( BAMUS) Kabupaten Limapuluh Kota Hearing dengan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota


Sarilamak, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Limapuluh Kota mengadakan dengar pendapat dari Forum Badan Permusyawaratan ( Bamus)  Kabupaten Limapuluh Kota di Aula DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (12/03), Hearing yang terbuka untuk umum ini dipimpin oleh ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Sastri Andiko, SH Dt Putiah, dan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Hj. Aida, Drh. Harmen, Hemmy Setiawan, Hardi. Amd, dan OPD dilingkungan Pemda Limapuluh Kota.

 

Penyampaian aspirasi anggota bamus Kabupaten Limapuluh Kota ini dipimpin oleh Ketua Forum Bamus Limapuluh Kota, M.Dt. Sinaro Dirajo, dalam kesempatan ini beliau mengutarakan beberapa tuntutan, diantaranya:

1.      Meminta kepada pemda Kabupaten Limapuluh Kota agar menyesuaikan insentif/tunjangan Bamus dengan UMR Sumatera Barat

2.      Sesuai dengan perda no. 01 Tahun 2018  yang tertera pasal 113 ayat 1-4 tentang tunjangan Bamus , apa apa saja yang diterima Bamus dan berapa besarnya masing masing tunjangan yang dimaksud sehingga diwaktu penyusunan APBN, besaran angkanya jelas yang akan diterima Bamus

3.      Permendagri no 110 tahun 2016, diatur hak bamus dari pasal 55-58 dalam pasal 57 ayat 4 besaran tunjangan bamus ditetapkan oleh Bupati

4.      Meminta ditinjau ulang perda no 01 tahun 2108 tentang SK Kepala Jorong yang di SK kan oleh Bupati, karena dalam permendagri no 84 sudah dijelaskan bahwa kepala kewilayahan atau kepala jorong adalah pembantu wali nagari di wilayahnya, kalau kepala jorong di sk kan oleh bupati, tentu sejajar kedudukannya dengan wali nagari, tentu terjadi dualisme kebijakan dalam dalam nagari

5.      Meminta peningkatan kesejahteraan anggota bamus

 

Seperti diketahui Bamus Nagari adalah lahir dari undang undang yaitu sebagai penyelenggara pemerintahan desa/ nagari, baik yang diamanatkan oleh undang undang tentang desa no 6 tahun 2014, Permendagri no 110 tahun 2006, Permendagri no 20 tahun 2018, dan Perda.

 

Dalam kesempatan ini, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Limapuluh Kota, Zuhdi Perama Putra, langsung menjawab pertanyaan tersebut, beliau mengatakan, “ Bamus berhak hanya atas tunjangan, dan kita tahu tunjangan untuk bamus itu terbagi dua, yaitu tunjangan pelaksanaan tugas dan tunjangan pelaksanaan kinerja, yang langsung diambil 30 %  dari Pendapatan Asli Nagari, akan tetapi saran dan masukan dari saudari Forum Bamus Limapuluh Kota akan kami pertimbangkan dan cari solusinya, padahal kita juga tahu ini sepenuhnya wewenang dari Nagari itu sendiri, lagipula sejauh ini kami dari OPD belum menerima laporan kerja Bamus lebih kurang dalam 2 tahun ini” ungkapnya.

 

Selanjutnya M. Dt Sinaro Dirajo menambahan “ kami juga meminta kalau nanti ada regulasi maka harus langsung turun ke nagari agar tidak terjadi ketimpangan, apapun bentuk regulasinya nanti, dan juga harus ada penyetingan penghasilan perangkat nagari agar bamus juga dapat menikmati serta bamus ada kesetaraan dan keseimbangan dalam perangkat nagari” harap ketua Forum Bamus Limapuluh Kota Ini.

 

Ketua DPRD Limapuluh Kota juga menanggapi tentang SK kepala jorong, Beliau mengatakan “ sudah lama kita memasukan perda tentang SK Kepala Jorong yang di SK kan Bupati dan DPRD sendiri sudah mencabut SK tersebut, dan menyinggung tentang keinginan Bamus untuk kesetaraan dengan perangkat nagari lainya, kami sangat mendukung hal tersebut, contohnya wajar wajar saja bamus diberangkatkan keluar kota untuk melakukan study banding atau Kunjungan kerja ke daerah lain, kalau memang ada penganggaran untuk itu dan tidak bertentangan dengan undang undang yang berlaku” jawabnya.

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik