Honor Kepala Jorong Naik, Doni Mengaku Sangat Gembira

Pemerintahan

Honor Kepala Jorong Naik, Doni Mengaku Sangat Gembira

             Doni Sartika (39) tampak begitu gembira. Kepala Jorong Kociak Kenagarian Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari itu tak henti berujar kata syukur mendapatkan kenaikan gaji sebesar dua kali lipat tahun sebelumnya.

             “Saya betul-betul gembira dan bersyukur mendapatkan tambahan gaji yang mencapai dua kali lipat tahun sebelumnya. Dengan gaji sekarang, saya sudah bisa bekerja secara penuh sebagai kepala jorong,” ungkap Doni kepada wartawan usai menerima penyerahan gaji secara simbolis dari Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di jorong yang berada di pinggang Gunung Sago itu, Kamis (13/7).

            Diakui Doni, sebelumnya kepala jorong hanya mendapatkan gaji sebesar Rp900 ribu/bulan. Dengan pendapatan sebanyak itu, mau tidak mau perangkat nagari ini harus mencari tambahan penghasilan dari usaha sampingan lainnya. Apalagi bagi kepala jorong yang mempunyai banyak tanggungan seperti buat biaya hidup dan sekolah anak.

            “Bagi saya gaji sekarang sudah cukup memadai. Artinya, saya sudah bisa lebih fokus melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai kepala jorong. Sebab, saya tidak harus berusaha keras lagi mencari tambahan penghasilan dari pekerjaan pokok untuk menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga,” ujar Doni yang diamini Kepala Jorong Tangah Kenagarian Situjuah Batur MA Dt. Paduko Rajo.

            Berbeda ketika gaji kepala jorong baru sebesar Rp900 ribu, lanjut Doni. Ia harus berusaha mengerjakan usaha ekonomi lainnya buat mencukupi kebutuhan keluarganya. Dengan begitu, ada kalanya tugas dia selaku kepala jorong kadang belum terlaksana dengan maksimal, sebab kesehariannya juga tersita untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan lainnya.

“Sebelumnya kami harus bisa mencari tambahan penghasilan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga,” ujar Doni.

            Senada dengan Doni, pada tempat yang sama Dt. Paduko Rajo juga mengakui gaji yang diterimanya sekarang sekarang sudah bisa menutupi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

            “Benar, dengan gaji sekarang para kepala jorong tentunya sudah bisa lebih fokus bekerja sebagai perpanjangan tangan wali nagari pada masing-masing jorongnya. Artinya, kami benar-benar siap mengabdi secara penuh sebagai kepala jorong,” sela Dt. Paduko Rajo.

            Kedua kepala jorong itu serentak berterimakasih kepada Bupati Irfendi Arbi yang telah menaikan gaji mereka. Menurutnya, saat ini para perangkat nagari sudah mendapat perhatian serius dari pemkab Limapuluh Kota. Buktinya, gaji para perangkat nagari rata-rata naik dalam jumlah besar.

“Kenaikan gaji ini merupakan berkah dan pemacu semangat bagi kami pak,” ungkap kedua kepala jorong itu kepada Bupati Irfendi.

Irfendi berharap, dengan adanya peningkatan gaji itu ke depan para kepala jorong diharapkan benar-benar tampil menjadi pemerintahan terdepan pembangunan di nagari.

            “Harapan kita, tambahan gaji ini diikuti para kepala jorong dengabn peningkatan kinerja dan produktivitas kinerja sesuai tugas dan fungsinya,” ucap Irfendi. (hendri gunawan)

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik

  • Pengunjung hari ini: 348
  • Total pengunjung: 242746
  • Hits hari ini: 1753
  • Total Hits: 1362525
  • Pengunjung Online: 4
  • IP : 54.198.35.26