Irfendi Akui Perlu Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Bagi Generasi

Ekonomi

Irfendi Akui Perlu Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Bagi Generasi

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengakui perlunya menumbuhkembangkan jiwa wirausaha di tengah generasi muda. Ia juga mendukung deklarasi antiradikalisme yang dilakukan sejumlah perguruan tinggi.

Hal itu disampaikan Bupati Irfendi di sela acara peresmian gedung baru Universitas Negeri Padang (UNP), Deklarasi Antiradikalisme, dan peluncuran Anugrah Minang Enterpreneurship oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Padang, Sabtu (15/7).

“Seperti disampaikan Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla, kita sangat berharap lahirnya pengusaha muda di Ranah Minang ini, termasuk di Kabupaten Limapuluh Kota sebagai salahsatu solusi bagi masalah ketenagakerjaan. Dengan adanya entrepreneur-entrepreneur baru, kita berharap bisa menjadi tuan di rumah sendiri dan dapat mengatasi masalah pengangguran di daerah,” ujar Irfendi.

Mengutip penyampaian Wapres, lebih lanjut Irfendi berharap generasi muda di daerahnya memiliki motivasi menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan kerja baru. Sesuai potensi daerah, untuk Kabupaten Limapuluhn Kota bisa saja membuka usaha di bidang peternakan, pertanian dan perkebunan.

            “Sesuai potensi yang ada, kita ingin para tamatan perguruan tinggi di daerah ini juga membuka usaha atau berbisnis di bidang peternakan atau pertanian. Ayo kita motivasi diri sendiri untuk lebih kerja keras dan bertekun,” ungkap Irfendi.

            Diakui Irfendi, menjadi Enterpreneurship memang tidak semudah membalik telapak tangan. Sebaliknya menuntut perjuangan dan akan wajar saja bila dalam perjalanannya terjadi berbagai kendala dan hambatan.

            “Untuk mewujudkan generasi yang inovasi dan kreativitas dalam menumbuhkembangkan jiwa wirausaha itu tentunya kita sangat berharap dukungan berbagai pihak terutama peran perguruan tinggi untuk memberikan pelayanan pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing,” tutur Irfendi.

Lebih jauh Irfendi juga mengaku sangat mendukung mendeklarasikan antiradikalisme yang dilakukan sejumlah perguruan tinggi. Sebab, paham radikalisme sangat meresahkan dan merugikan masyarakat.

“Perang terhadap radikalisme ini juga harus di tularkan kepada masyarakat di daerah termasuk Kabupaten Limapuluh Kota yang bisa saja berpotensi timbulnya paham radikalisme. Bukan saja pergururuan tinggi, kita juga tidak mau Kabupaten Limapulih Kota menjadi tempat terjadinya radikalisme," ungkap Irfendi.

            Sebelumnya Wapres JK dalam sambutannya mengajak generasi Minang menjadi pengusaha. Ia menyebut, dalam darah orang Minang sudah ada bakat menjadi saudagar. Ia mengatakan, dewasa ini peluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sangat kecil, yang terbuka lebar adalah menjadi seorang pengusaha.

Selain dengan Wapres JK, dalam kesempatan itu Bupati Irfendi juga sempat berdialog ringan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. (hendri gunawan)

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik

  • Pengunjung hari ini: 61
  • Total pengunjung: 276173
  • Hits hari ini: 697
  • Total Hits: 1519618
  • Pengunjung Online: 6
  • IP : 54.167.250.64