Irfendi Serahkan Bantuan Korban Kebakaran .
 

Sosial

Irfendi Serahkan Bantuan Korban Kebakaran .
Jumat, 16 Desember 2016 - 11:55:44 WIB | dibaca: 509 pembaca


Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan tanggap darurat bagi dua kepala keluarga korban kebakaran di Jorong Padang Ambacang kenagarian Batu Balang Kecamatan Harau, Minggu (11/12). Ia barharap bantuan itu dapat meringankan beban para korban.

“Saya berharap bantuan tanggapan darurat berupa peralatan rumah tangga ini bisa meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah kebakaran. Mari kita berdoa, semoda korban segera bangkit kembali,” ungkap Irfendi usai menyerahkan bantuan itu.

Dikatakan, bantuan itu merupakan kepedulian Pemkab Limapuluh Kota terhadap warga kita yang tertimpa musibah. Selain menyerahkan bantuan tanggap darurat, Irfendi juga menyarankan keluarga korban untuk mengajukan permohonan bantuan dana sosial kepada Pemkab Limapuluh Kota.

“Kita juga ada bantuan sosial. Silahkan ajukan permohonannya. Bantuan dana itu diharapkan mampu mengurangi beban korban,” ujar Irfendi.

Lebih jauh putera Koto Tangah Simalanggang itu mengatakan, turut berduka atas musibah yang menimpa para korban.

“Kita berharap agar korban bersabar dan tegar menghadapi cobaan tersebut. Harus disadari, jika Tuhan berkehendak, kita tidak akan bisa mengelak atau menghalanginya,” papar Irfendi.

Kedua korban korban kebakaran penerima bantuan itu masing-masingnya Dairusman (49) dan Tamrin (47).

Keterangan Yet (43) isteri Dairusman, peristiwa itu terjadi, Sabtu (10/12) sekitar pukul 12.00 Wib. Saat kejadian, rumah sedang ditinggal kosong para korban yang tengah bekerja. Begitu juga dengan korban Yet yang tengah bekerja di kandang ayam tetangganya yang berjarak sekitar 200 meter dari rumahnya.

Korban baru tahu rumah semi permanentnya yang berukuran sekitar 7x9 meter itu dilalap api ketika diberitahu warga. Saat didapati, api sudah membesar melalap kedua rumah korban yang sangat berdekatan.

Mobil pemadam kebakaran yang berusaha cepat sampai di lokasi hanya mampu melokalisir api tidak merembes ke rumah tetangga lainnya. Sementara rumah korban Dairusman dan Tamrin keburu ludes dimamah api.

“Api begitu cepat membesar karena saat kejadian angin bertiup kencang,” tutur Yet sembari mengucapkan terimakasih kepada Bupati Irfendi yang telah memberikan bantuannya.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran tersebut, namun dalam peristiwa itu, kedua korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

“Seluruh isi rumah kami mulai dari perabotan, peralatan rumah tangga dan barang elektronik ludes makan api. Amukan si jago itu hanya menyisakan puing dan abu,” ucap Yet sembari meneteskan air mata di hadapan Bupati. (gun)