Lagi, Bupati Irfendi Arbi Kirim Pemuda Limapuluh Kota Untuk Ikuti Program PBK

Pendidikan

Lagi, Bupati Irfendi Arbi Kirim Pemuda Limapuluh Kota Untuk Ikuti Program PBK


Limapuluh Kota,---Usai mengirimkan puluhan pemuda Kabupaten Limapuluh Kota ke berbagai Balai Besar Diklat Pelatihan Tenaga Kerja di berbagai daerah di Indonesia beberapa waktu yang lalu, pada hari Minggu (2/9) bertempat di Halaman Rumah Dinas Bupati, Labuah Basilang, Irfendi Arbi kembali melepas 28 orang pemuda daerahnya guna mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kementerian Ketenagaankerja RI Kota Bandung dan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Kota Medan.

Dalam sambutannya dihadapan orang tua dan peserta pelatihan tersebut, Bupati berharap dengan program PBK ini dapat meningkatkan keterampilan pemuda di Limapuluh Kota dan dapat menekan angka pengangguran didaerah yang ia pimpin.

“Kita sengaja mengirim para pemuda dari daerah ini untuk mengikuti berbagai bentuk pelatihan keterampilan dengan salah satu tujuannya untuk mengatasi masalah pengangguran. Sebab, lapangan kerja dan angka pengangguran merupakan salah satu masalah di Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkap Irfendi.

Dikatakan Bupati, masalah pengangguran merupakan salahsatu persoalan yang menjadi perhatian serius didaerahnya. Untuk itu salah satu cara menekan angka pengangguran tersebut Pemkab tidak saja mengirimkan usia produktif mengikuti berbagai keterampilan, namun juga berusaha menyalurkan para pencari kerja ke sejumlah perusahaan besar.

Selanjutnya dikesempatan itu, Bupati menghimbau kepada seluruh peserta pelatihan untuk selalu menjaga kedisiplinan dan Kekompakan selama mengikuti program pelatihan tenaga kerja tersebut.

“Bapak meminta agar seluruh peserta yang kita kirim ke BBPLK Bandung dan Medan ini benar-benar mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan sungguh-sungguh. Agar sepulang dari pelatihan tersebut diharapkan anak-anak Bapak bisa langsung terjun kedunia kerja bahkan hendaknya bisa membuka lapangan kerja sendiri nantinya,"sambung Irfendi.

Sementara itu, Kabid Ketenagakerjaan Limapuluh Kota Afrizal,S.Sos, MSi dalam laporannya mengatakan, peserta pelatihan kali ini berjumlah 28 orang yang telah mengikuti berbagai seleksi sebelumnya.

Dirinya mengatakan peserta pelatihan ini nantinya akan berangkat hari Senin (3/9) dan akan mengikuti pendidikan dan latihan selama beberapa bulan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Bandung dan Medan, tanpa dikenakan biaya sama sekali.

“Jumlah peserta pelatihan kita kali ini berjumlah 28 orang, dengan 11 orang anak menuju Kota Bandung dengan bidang pelatihan Jigg Manufacture dan 17 orang ke kota Medan dengan bidang Pariwisata dan konstruksi bangunan. Nantinya anak-anak kita, akan mengikuti pelatihan selama 3 bulan di Bandung dan 2 Bulan di Kota Medan, dengan tidak dikenakan biaya sama sekali,"lapornya.

Selanjutnya, dirinya mengatakan setelah selesai mengukuti pelatihan tersebut peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatihan kerja yang bisa digunakan untuk mendirikan usaha da  melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Lebih jauh dijelaskan Afrizal, kesempatan mendapatkan pelatihan keterampilan itu cukup diminati pencari kerja di daerah ini. Bagi yang belum lolos diperkirakan akan dikirim pada kesempatan berikutnya.

“Kita berharap, kepada semua peserta yang mengikuti pelatihan di BBLK Bandung dan Medan ini, mengikuti semua pelajaran dengan sungguh-sungguh hingga akhirnya mendapatkan keterampilan dalam menghadapi dunia kerja,"pungkasnya.

Ikut hadir dalam acara melepas peserta pelatihan itu para orang tua peserta, beberapa Walinagari asal peserta pelatihan tersebut. (ton)

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik