Menpan RB Minta Perbaiki Mental Aparatur dan Pelayanan Publik

Kepegawaian

Menpan RB Minta Perbaiki Mental Aparatur dan Pelayanan Publik

Menteri Pendayagunaan Aperatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, mengatakan pemerintah daerah perlu melakukan revolusi mental Aperatur dan meperbaiki pelayan publik dalam meningkatkan perkembangan nilai akuntabilitas kinerja pemerintah.

 

" Seluruh Aperatur Sipil Negara perlu melakukan perubahan budaya kerja terhadap revolusi mental Aperatur"ujarnya saat menggelar audiensi dengan Bupati  Irfendi Arbi dan jajaran ASN di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (29/4) kemarin.

 

Dikatakannya, dalam perubahan budaya kerja itu, masing-masing pihak harus mengubah tata cara pelayanan terhadap masyarakat, mulai dari sisi perilaku para petugas, pegawai, dan pejabat, dengan memiliki prilaku standar terhadap pelayan masyarakat. " Maka dari itu hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki sistem pelayanan publik"ujarnya

 

Hal itu, dimulai dari menunjukkan sikap keramahan dalam pelayan publik, diantaranya tersenyum, ketulusan, kepekaan, kedisiplinan, fokus, selalu mendengar,  serta sikap menghormati. "Kita harus robah birokrasi, jika hal ini diterapkan, saya yakin kedepan daerah ini akan maju dan berkembang"ujarnya.

 

Selain itu, seluruh pejabat yang bertugas di Kabupaten itu juga diminta memperbaiki kinerja. Menurutnya, setiap pegawai  harus memiliki tugas yang jelas, sehingga setiap pegawai dapat memberikan kontribusi kinerja pada unit kerjanya dan pada masyarakat." kita jangan lagi hanyut dengan rutinitas, sebagai pemegang kewenangan anda adalah motor pemerintahan dalam memajukan daerah ini" tambahnya.

 

Seluruh jajaran pimpinan harus aktif memimpin perubahan, pimpinan OPD tidak boleh terlena dengan fasilitas kantor yang diberikan kepadanya, tetapi harus bekerja keras mencari terobosan mewujudkan target-target yang diberikan, serta memimpin seluruh stafnya untuk bekerja dalam tim." Kepada pejabat mumpung lagi dikasih amanah, dikasih jabatan jangan tanggung dalam memperlihatkan kinerja masing-masing, jadikanlah ini sebagai kekuatan dalam meningkatkan kesehjatraan masyarakat"ujarnya.

 

Aktiflah dalam mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat, serta terus-menerus mencipatkan inovasi untuk memperbaiki kinerja dan kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh unit kerja. " kunci dari kemajuan negeri ini terletak pada ASN, jika ASN tidak bergerak pasti tidak akan bisa negeri ini maju"tambahnya,

 

MenPAn-RB juga meminta, masing-masing OPD bersinergi dalam mewujudkan target-target pembangunan, Seluruh OPD harus bekerja sama dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya. Menurutnya, satu langkah yang dilakukan OPD tertentu akan memperkuat langkah yang akan dilakukan oleh OPD yang lain.

 

"Untuk membangun pemerintahan yang bersinergi, memang semua jajaran pimpinan harus menyingkirkan sikap ego sektoral, menghormati peran OPD lain, dan mengedepankan kepentingan publik"ungkapnya.

 

Selain itu, Asman Abnur juga mewanti-wanti Pejabat dalam melaksanakan kegiatan benar-benar melaksanakan kegiatan sesuai dengan program. Dikatakannya, cukup mudah untuk menentukan Pemerintahan atau OPD yang  melaksanakan program tidak sesuai dengan aturan. Hal itu bisa dilahat dari evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

 

Dikatakannya, hingga kini tercatat sebanyak 392,87  Triliun anggaran pemerintahan tidak termanfaatkan dengan baik, anggaran tersebut dikuncurkan  dalam bentuk kegiatan, namun tidak sesuai dengan program yang disusun.

 

Menurutnya, hal itu terjadi akibat tidak jelasnya hasil yang akan dicapai atau tujuannya tidak berorientasi pada hasil, ukuraan kerja yang tidak jelas, dan tidak adanya keterkaitan antara kegiatan dengan sasaran serta rincian kegiatan tidak sesuai dengan maksud kegiatan.

 

"Untuk itu, kita harus memperbaiki kinerja dalam memperbaiki anggaran dan kegiatan ini. Ciptakanlah inovasi-inovasi terbaik, jika kita semua serius melaksanakan ini, saya yakin Limapuluh Kota akan menjadi percontohan Nasional kedepan," Pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menargetkan Nilai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2017 ini naik dari tahun sebelumnya.

 

Irfendi meminta seluruh Aperatur Sipil Negara( ASN) yang ada di pemerintahannya agar terus memacu pencapai nilai Lakip ini kedepan. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk gambaran kinerja yang dicapai suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan berdasarkan siklus anggaran.

 

" Saya harap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dapat bekerja sama secara maksimal dalam pencapain predikat Nilai lakip ini" Ujar Bupati Ketika menggelar rapat bersama seluruh OPD, usai kedatangan Menteri Pendayagunaan Aperatur Negara dan Reformasi Birokrasi (menPAN-RB) di Rumah Dinas Bupati, Sabtu (29/4) kemarin.

 

Dijelaskan Bupati, pada berapa tahun belakangan ini terhitung tahun 2013 hingga 2016, nilai lakip Kabupaten Limapuluh Kota baru mendapatkan nilai C dimana pencapain skor46.33. Artinya,penyampai Nilai Lakip selama ini masih belum maksimal dalam pelaporan kinerja pemerintah.

 

" Untuk itu target kita kedepan bisa meningkatkan pencapain ini, paling tidak bisa mendapat nilai B dari KemenPAN-RB, sebagai indikator dalam mempercepat reformasi birokrasi, sehingga anggaran yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang dicapai"ungkapnya.

 

Dikatakannnya, demi mencapai hal itu hal yang mesti dilakukan adalah menjalankan sumpah jabatan dengan penuh integritas dan sikap mengutamakan kepentingan masyarakat sebagai prioritas utama, melakukan penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien untuk kegiatan-kegiatan atau program-program yang memberikan dampak kebermanfaatan bagi masyarakat.

 

Melakukan penggunaan anggaran secara bijak, termasuk menjaga agar anggaran belanja pegawai tidak lebih besar daripada belanja publik, menjalankan secara konsisten manajemen ASN dengan Sistem merit, melakukan peningkatan profesionalisme, melakukan optimalisasi melalui redistribusi, melakukan peningkatan kompetensi, prioritasi rekruitmen, dan pengkaderan.

 

Diperlukannya, perkembangan manajemen kinerja dalam sistem manajemen SDM, melakukan pengembangan sistem reward dan punishment bagi ASN, serta memotang berbagai hambatan birokrasi dan regulasi, melakukan penguatan terhadap Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). serta  menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), Perbaikan manajemen pelayanan publik secara terus-menerus, dan Revolusi Mental ASN.

" Hal ini perlu kita lakukan agar pencapain nilai Lakip kita kedepan bisa meningkat"pungkasnya.

 

Sebelumnya, MenPan-RB, Asman Abnur ketika menggelar audiensi dengan ASN Limapuluh Kota mengatakan, pada Provinsi Sumatera Barat hanya ada 4 daerah yang mendapat Nilai B. Keempat daerah itu yakni, Kabupaten Agam, Kota Padang, Kota Solok, dan Kota Payakumbuh, selebihnya masih mendapatkan Nilai C dan CC.

 

Untuk itu, dirinya berharap nilai lakip ini kedepanya bisa meningkat di masing-masing kota dan Kabupaten di Sumbar minimal mendapatkan nilai B. Selain itu, diriinya juga meminta ASN di Limapuluh Kota terus memperbaiki kinerja dalam penyelagaran anggaran dan kegiatan. " Jangan hanya fokus mengejar besarnya serapan anggaran, namun juiga merealisasikan anggaran sesuai program, dan terpenting bermanfaat terhadapa masyarakat, untuk itu ASN di Limapuluh Kota harus memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya"tuturnya. (dho)

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik

  • Pengunjung hari ini: 366
  • Total pengunjung: 291217
  • Hits hari ini: 3850
  • Total Hits: 1608149
  • Pengunjung Online: 4
  • IP : 54.225.36.143