Pengukuhan / Pelantikan Pengurus Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) Kabupaten dan Kecamatan Se Kabupaten Lima Puluh Kota Periode Tahun 2016 -2019

Pemerintahan

Pengukuhan / Pelantikan Pengurus Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) Kabupaten dan Kecamatan Se Kabupaten Lima Puluh Kota Periode Tahun 2016 -2019

Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Kota berkomitmen untuk meningkatkan taraf /kualitas hidup masyarakat dengan mendorong pemanfaatan potensi daerah dalam pembangunan, salah satunya disektor Perikanan dengan meningkatkan produksi komoditas perikanan untuk mendukung peningkatan ketahanan pangan yang bermutu tinggi. Berdasarkan penelitian bahwa mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kecerdasan, kesehatan dan daya tahan tubuh.

Peningkatan konsumsi ikan tidak bisa dilakukan secara parsial dan sporadis akan tetapi butuh langkah dan wadah untuk menyatukan semua unsur terkait mendorong peningkatan konsumsi ikan, maka dari itu Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota mengkukuhkan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten dan Kecamatan, di aula Eks Kantor Bupati, Rabu 15 Maret 2017.

Pengurus Forikan Kabupaten Lima Puluh Kota dilantik oleh Bapak Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi kepada :

  • Ny Monalisa Irfendi Arbi,S,Sos sebagai Ketua Umum Forikan Lima Puluh Kota Kota,
  • Ny Eka Hurianti Ferizal Ridwan sebagai wakil ketua I,
  • Ny Eva Rusfayetty Yendri Tomas sebagai wakil ketua II,.
  • Susy Letrini,S.Pi,M.Si Sebagai Sekretaris Umum

·        Dan Kepala Bidang-Bidang yaitu : Bidang Penguatan Organisasi dan Pembinaan Daerah, Bidang Peningkatan Produksi Usaha dan SDM, Bidang Pembinaan Mutu Diversifikasi Produk dan Ketabogaan, Bidang Promosi dan Pemasaran, Serta Bidang Data Publikasi.

Usai pelantikan Ketua Forikan Kabupaten, pada kesempatan itu Ny Monalisa Irfendi Arbi juga melantik Ketua Forikan Kecamatan, pengurus dan anggota Forikan se Kabupaten Lima Puluh Kota dan dilanjutkan dengan penanda tangan MOU dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas P2KBP3A untuk mensukseskan tingkat konsumsi makan ikan.

Acara Pengukuhan Forikan Lima Puluh Kota juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar Bapak Ir. Yosmeri, Kepala Dinas Perikanan Lima Puluh Kota Ibuk Ir. Refilza, Asisten II Bapak M. Yunus,  Kepala Dinas Pendidikan Bapak Radimas,S.Pd, Kepala Dinas Kesehatan Ibuk Dr. Hj Tien Septino, Kepala Dinas P2KBP3A yang diwakili oleh Kabid dan pihak Kecamatan serta undangan lainnya.

Bupati Irfendi Arbi dalam paparannya mengatakan, dengan dilantiknya pengurus Forikan di Kabupaten Lima Puluh Kota diharapkan mampu mewujudkan program pemerintah dalam mengajak masyarakat gemar mengkomsumsi ikan dan memunculkan inovasi olahan dan daya saing produk perikanan. Seperti kita ketahui, ikan memiliki nilai protein dan gizi yang sangat tinggi, ditambah dengan omega 3 yang berfungsi mencerdaskan otak. Untuk itu, dengan gemarnya masyarakat Lima Puluh Kota Kota mengkomsumsi ikan ini, nantinya akan melahirkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas” ujar Bupati yang dibacakan Asisiten II Bidang Perekonomian, Bapak M Yunus dalam pidatonya.

Ibuk Ir. Refilza Sebagai Kepala Dinas Perikanan sekaligus sebagai Pengarah FORIKAN memaparkan bahwa Kabupaten Lima Puluh Kota mempunyai Potensi Perikanan yang sangat besar dimana Produksi ikan Konsumsi Tahun 2016 mencapai 43.560,15 Ton, namun tingkat konsumsi ikan masyarakat Lima Puluh Kota baru mencapai 30,5 Kg/kapita/tahun, masih jauh dari angka Kecukupan Gizi Sumbar yaitu 36,42 kg/capita/tahun. Maka  untuk itu perlu diadakannya berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan Konsumsi Ikan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“ Ikan terbukti mampu meningkatkan kecerdasan, salah satu cara untuk meningkatkan konsumsi ikan masayarakat dimulai dari keluarga”. Ujar Ibuk Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sementara itu, Ibuk Monalisa selaku Ketua Umum Forikan Kabupaten Lima Puluh Kota mengharapkan pengurus Forikan Kecamatan yang baru dikukuhkan diminta gencar mengkampanyekan ke tengah masyarakat untuk gemar mengkomsumsi ikan.

“Mudah-mudahan dengan adanya pengurus Forikan di setiap Kecamatan, Konsumsi ikan ditengah masyarakat semakin meningkat. Untuk mensukseskan kegiatan itu salah satunya dengan mengkampanyekan gerakan gemar memakan ikan” ujar Monalisa.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, Bapak Ir. Yosmeri menuturkan dengan hadirnya Forikan di Kabupaten Lima Puluh Kota akan membuka dan memberikan pengetahuan, akhirnya mampu merobah pola pikir dan prilaku masyarakat untuk mengkomsumsi ikan.

Menurutnya, ini merupakan gerakan moral yang memotifasi masyarakat untuk mengkomsumsi ikan secar teratur dalam jumlah yang di isyaratkan bagi kesehatan. “ Ini merupakan program Nasional dalam sebuah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkomsumsi ikan secara teratur. Untuk itu, diharapkan seluruh anggota Forikan ini nantinya mengajak masyarakat untuk mengetahui tingginya kandungan gizi yang terdapat dalam ikan” ungkapnya.

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik

  • Pengunjung hari ini: 369
  • Total pengunjung: 291220
  • Hits hari ini: 3902
  • Total Hits: 1608201
  • Pengunjung Online: 6
  • IP : 54.225.36.143