Peringati HGN, Irfendi Ajak Makan Sayur dan Buah

Kesehatan

Peringati HGN, Irfendi Ajak Makan Sayur dan Buah

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengajak masyarakat daerah setempat hidup sehat dengan senantiasa makan sayur dan buah setiap harinya. Ia berharap berbagai pihak ikut terlibat dalam membangun pangan, gizi dan menggerakan masyarakat hidup sehat.

            Hal itu disampaikan Irfendi dalam sambutannya pada apel gabungan dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke 57 tahun 2017 di halaman eks kantor bupati di Payakumbuh,  Rabu (25/1).

“Mari kita budayakan hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik setiap harinya minimal selama 30 menit. Selain itu, konsumsi sayur dan buah serta cek kesehatan secara rutin,” ujar Irfendi.

Irfendi berharap ke depan terus berupaya melakukan perbaikan mutu gizi masyarakat yang antara lain melalui perbaikan konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi dan peningkatakan akses dan mutu pelayanan gizi. Sebab, Indonesia termasuk ke dalam17 negara diantara 117 negara yang mempunyai masalah gizi pada balita yang mengakibatkan stuting (pendek), wasting (kurus dan overweigh (gemuk).

Selain itu, Negara ini juga termasuk di dalam 47 negara dari 122 negara yang mempunyai masalah anemia pada wanita usia subur (WUS). Berbagai penyakit tersebut jelas akan menyebabkan beban biaya berobat yang tinggi.

“Berbagai penyakit tidak menular tersebut merupakan pembunuh terbesar  di dunia seperti halnya serangan jantung, stroke, diabetes, kanker dan lainnya. Penyakit itu jelas menyebabkan biaya tinggi. Resiko penyakit tidak menular tersebut diantaranya disebabkan kurangnya makan sayur dan buah serta kurangnya aktifitas fisik,” papar Irfendi sembari menyebut hal ini perlu diwaspadai masyarakat.

Disamping meminta komitmen dan kerjasama lintas sektoral dan lintas program dalam membangun pangan, gizi dan gerakan masyarakat hidup sehat, dalam menyikapi berbagai penyakit yang mengancaman tersebut, putera Koto Tangah Simalanggang itu juga mengharapkan peran media massa dalam mempromosikan makan sayur dan buah serta meningkatkan aktifitas fisik masyarakat.

“Ayo kita kampanyekan pesan melalui media massa agar masyarakat kita meningkatkan makan sayur dan buah setiap harinya,” ulang Irfendi.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota dr. Tien Septino, M.Kes dalam laporannya memaparkan, dalam HGN kali ini digelar serangkain acara yang antara lain senam massal, apel bersama, kuliah umum tentang pentingnya aktifitas fisik, makan sayur dan buah oleh DR. dr. Afriwaldi, SPOK serta kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis.

Menurur Tien, keadaan gizi di Kabupaten Limapuluh Kota tergolong baik. Agar keadaan gizi itu lebih baik lagi, pihaknya terus berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konsumsi pangan untuk memenuhi kedaulatan pangan dan gizi, serta meningkatkan komitmen dan kerjasama lintas sektoral dan lintas program dalam pembangunan pangan dan gizi.

Dalam rangkaian acara itu Irfendi juga menyerahkan sejumlah kendearaan dinas bagi aparat pada jajaran Dinas Kesehatan setempat. (gun)

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik

  • Pengunjung hari ini: 369
  • Total pengunjung: 291220
  • Hits hari ini: 3925
  • Total Hits: 1608224
  • Pengunjung Online: 5
  • IP : 54.225.36.143