Program AKSI Pangan Diluncurkan Di Lima Puluh Kota

Pemerintahan

Program AKSI Pangan Diluncurkan Di Lima Puluh Kota

LIMA PULUH KOTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Program Akselerasi, Sinergi dan Inklusi (AKSI) Pangan antara OJK, Industri Jasa Keuangan (IJK) dan pelaku sektor pangan. Program ini mendesain model rantai pangan guna mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan. Acara AKSI Pangan dilaksanakan di Medan Nan Bapaneh, Tarantang Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota hari ini (24/3). Selain AKSI Pangan juga dilaksanakan program Corparate Social Responsibillity dari berbagai IJK yang terlibat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Lima Puluh Kota.

Peluncuran Program AKSI Pangan ini di hadiri sejumlah menteri dan pejabat terkait diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Pejabat Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, Forkopimda, serta beberapa Pelaku Usaha dari daerah Lima Puluh Kota.

Mengawali acara Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi menyampaikan ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam memberikan bantuan dan program-program yang diluncurkan, dan mengucapkan terima kasih telah memilih Lima Puluh Kota sebagai lokasi peluncuran program AKSI Pangan.

"Dipilihnya Lima Puluh Kota sebagai lokasi peluncuran Program AKSI Pangan, semoga bermanfaat untuk petani dan kita semua untuk peningkatan kesejahteraan", sambut Irfendi.

Sambutan Menteri Koordinator bidang perekonomian Darmin Nasution, menyebutkan pemerintah mendorong program ini dengan memberikan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 9 triliun rupiah untuk alokasi kredit lebih kurang 110 triliun rupiah yang tersedia dari Industri Jasa Keuangan perbankan dan non-perbankan.

Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad juga menyampaikan, sebagai negara agraris sektor pertanian memiliki peran yang cukup penting dalam perekonomian, kontribusi setkor pertanian terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hampir mencapai 15%. Selain itu sektor pertanian merupakan penyerap sebagian besar tenaga kerja yaitu sebesar 32% dari total tenaga kerja.

Muliaman menambahkan Program AKSI Pangan ini juga untuk mendorong KUR ke sektor produktif, minimal 40% ke sektor produktif.

Dipilihnya Kabupaten Lima Puluh Kota, Payakumbuh sebagai lokasi peluncuran AKSI pangan adalah daerah ini merupakan salah satu yang berhasil menerapkan pembiayaan rantai nilai sektor pangan dari hulu sampai hilir, kemudian merupakan sentral pertenakan sapi simental dan gambir, serta daerah yang memberikan kontribusi sebesar 8% dari total penyaluran kredit sektor pangan di sumatera Barat pada tahun 2016 yang mencapai 740 miliar rupiah lebih. Terakhir, petani dari Payakumbuh telah menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara sekaligus pelopor ketahanan pangan tahun 2016.(a21)

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik

  • Pengunjung hari ini: 367
  • Total pengunjung: 291218
  • Hits hari ini: 3873
  • Total Hits: 1608172
  • Pengunjung Online: 5
  • IP : 54.225.36.143