Kabupaten Lima Puluh Kota (Kab 50 Kota) Provinsi Sumatera Barat Indonesia

POKMASWAS KOTO BANGUN JUARA I NASIONAL

Sabtu, 22 Desember 2012 | 22:20:41 WIB | Harau
POKMASWAS KOTO BANGUN JUARA I NASIONAL

Pokmawas (Kelompok Masyarakat Pengawas), Lubuak Larangan SOSA I, Naga­ri ­Koto Bangun,Kecamatan Kapur IX, Kabu­paten Limapuluh Kota

Limapuluhkota - Pokmaswas Sosa I Nagari Kotobangun Kecamatan Kapur IX meraih juara I Nasi0nal dan mendapatkan penghargaan Adibakti Mina Bahari dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI dalam pelestarian sumber daya perairan. Penghargaan terhadap juara I tingkat nasional tersebut, diserahkan oleh Wakil Presiden Budiono kepada Ketua Kelompok Pokmaswas Azir, Senin (17/12) dalam suatu acara peringatan Hari Nusantara di Pelabuhan Haji, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Dinas Perikanan Limapuluh Kota, Refilza didam­pingi Sekretaris dinas setempat, Mohd Siswanto dalam keterang­annya di kantornya   di Tarantang, Kamis (20/12) menyebutkan, tanggal 16 Desember malamnya kontingen  Limapuluh Kota, menerima ucapan selamat dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Shariff C.Sutardjo. Dikatakan, ucapan selamat disampaikan di Hotel Lombok Raya NTB, yang dihadir langsung Ketua Pokmaswas SOSA I, Azir didampingi Walinagari Koto Bangun, Zarul Khasmi, Kadis Perikanan Refilza, Wabup Lima­puluh Kota, Asyirwan Yunus yang ikut ke Lombok NTB menjem­put penghargaan dimaksud.

Keberhasilan kelompok itu tidak lepas dari peran peme­rintahan nagari yang menelurkan Pernag tentang kawasan lubuk larangan. “Berhasilnya kelompok masyarakat pengawas budidaya perikanan lubuk larangan di perairan umum, maka kelompok tersebut meraih dana tunai sebesar Rp25 juta, berikut kame­ra digital, teropong dari Menteri Kelautan dan Perikanan, “ulas­nya. Menurut dia, juara I yang diraih Pokmaswas SOSA I dalam lomba Pokmaswas tingkat nasio­nal bidang pelestarian sumber daya perairan itu, berdasarkan keputusan Dirjen Pangawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, nomor 315/DI-PSPKP/XI/2012 tanggal 14 Desember. Sebelumnya kelompok ini menjadi juara propinsi Sumbar dalam lomba yang sama.

Walinagari Koto Bangun, Zarul Khasmi yang diminta tanggapannya, kemarin menga­takan, Pemkab Limapuluh Kota perlu mempunyai komitmen dan konsep yang jelas untuk mem­perbaiki dan memelihara infra­struktur perairan umum, sehingga usaha perikanan berkembang. Selain itu, hendaknya Pemkab memprioritaskan pengembangan perikanan di perairan danau buatan Koto Panjang. Pe­man­tauannya selama ini di perairan danau buatan bagian dari Lima­puluh Kota, masih minim diman­faatkan untuk pengembangan usaha budidaya ikan keramba. Sejalan dengan itu diharapkan pula agar Koto Bangun, menjadi icon Limapuluh Kota, dalam mengembangkan perikanan uta­manya di perairan umum, “ujar­nya. (mds)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar