Kabupaten Lima Puluh Kota (Kab 50 Kota) Provinsi Sumatera Barat Indonesia

WABUP RESMIKAN PAMSIMAS DAN JALAN SULIKI

Rabu, 12 Juni 2013 | 13:39:06 WIB | Suliki
WABUP RESMIKAN PAMSIMAS DAN JALAN SULIKI

Wabup Drs.H.Asyirwan Yunus, M.Si bersama warga Jorong Batang Linjuang Nagari Tanjuang Bungo Suliki

Lima Puluh Kota 

- Masyarakat Jorong Batang Linjuang Nagari Tanjuang Bungo Kecamatan Suliki sangat merasakan dampak dengan adanya jalan perekonomian yang menghubungkan Parak Siriah menuju Jorong Batang Linjuang sepanjang 800 m dengan rabat beton yang dikerjakan melalui program PNPM Mandiri Pedesaan. Dan 110 KK masyarakat Batang Linjuang dapat menikmati air bersih dengan adanya program Pansimas. Selama ini masyarakat Batang Linjuang dansekitarnya sangat sulit untuk mendapatkan air bersih. "Kami terpaksa turun ke batang air untuk mencari air, melakukan kegiatan mencuci dan lainnya, " ungkap salah seorang warga.

Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Asyirwan Yunus mengatakan, dengan adanya program PNPM dan Pansimas masyarakat Jorong Batang Linjuang Nagari Tanjuang Bungo dapat menikmati hasilnya. Kebutuhan akan jalan yang baik sangat dirasakan masyarakat juga akan pentingnya air bersih. Pemkab.Lima Puluh Kota menghargai dan berterimakasih atas suksesnya pelaksanaan Pamsimas ini dan mengharapkan dilakukannya peningkatan dalam pelaksanaannya kedepan. Jalan dapat dipergunakan sebagai jalur ekonomi masyarakat yang utama di bidang pertanian, lancarnya hubungan jalan ke pusat perdangangan berdampak kepada meningkatnya ekonomi masyarakat, dan lewat air bersih masyarakat dapat hidup sehat, jelas Asyirwan Yunus.

TPK Yurizal Hafni melaporkan, selesainya jalan dengan rabat beton melihat kondisi alamnya sudah sesuai dengan kebutuhan jalan yang akan dilewati masyarakat Nagari Tanjuang Bungo. Lewat program PNPM ditambah dengan bantuan swadaya masyarakat (melakukan gotong royong dan ibu-ibu dengan membawa makanan minuman) lebih bertambah hasil yang didapat panjang jalan diselesaikan, jelas Yusrizal. LKM Pansimas Afwendri juga melaporkan, Pamsimas merupakan Program Nasional yang berbasis masyarakat yang telah dijalankan dari tahun 2008 sampai 2012, 58 jorong 3 diantaranya APBD murni pemkab.Lima Puluh Kota. Lewat Program Pansimas 110 KK masyarakat Batang Linjuang dapat menikmati air bersih. Lewat air bersih masyarakat dapat minum dan aktifitas yang berhubungan dengan air tidak perlu berjalan jauh-jauh. Dengan air bersih tentu hidup masyarakat akan sehat dapat dicapai.(her)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar